Berikut ini adalah 10 runtutan penyusunan RPP Kurikulum 2013:
Menentukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Guru harus memahami Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran yang akan diajarkan. Hal ini akan menjadi acuan dalam menyusun RPP.
Menganalisis Kebutuhan Siswa Guru harus memahami kebutuhan siswa dan kondisi lingkungan sekitar untuk menentukan cara mengajar yang sesuai.
Menentukan Tujuan Pembelajaran Setelah memahami Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta kebutuhan siswa, guru perlu menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Merancang Model Pembelajaran Guru perlu merancang model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa. Model pembelajaran dapat berupa pendekatan, metode, teknik, strategi, atau media yang tepat.
Menentukan Materi Pembelajaran Guru perlu menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta model pembelajaran yang telah dirancang.
Merancang Kegiatan Pembelajaran Setelah menentukan materi pembelajaran, guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan model pembelajaran yang telah dipilih.
Menentukan Penilaian Pembelajaran Guru perlu menentukan cara penilaian pembelajaran yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru perlu menyusun RPP dengan merinci semua komponen pembelajaran yang telah dirancang dan menentukan waktu yang dibutuhkan.
Melaksanakan Pembelajaran Guru harus melaksanakan RPP yang telah disusun dengan mengikuti tahapan yang telah direncanakan.
Melakukan Evaluasi Pembelajaran Setelah melaksanakan pembelajaran, guru perlu melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa serta efektivitas RPP yang telah disusun. Evaluasi ini dapat digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan.

No comments:
Post a Comment